Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Kegunaan Galih Asem Asli

gambar gelang dan cincin galih asem asli
Gelang & Cincin Galih Asem
Hartalangit.com - Sejak jaman dulu Galih Asem sudah dikenal sebagai salah satu jenis kayu bertuah yang memiliki khasiat supranatural. Karena kepercayaan itulah sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Galih Asem adalah bagian inti dari pohon Asem yang sudah berusia ratusan tahun sehingga teksturnya menjadi sangat keras dan berwarna hitam legam.

Pohon Asem banyak ditemukan dibeberapa wilayah di Indonesia. Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter dengan diameter pohon bisa mencapai 60 - 70 cm.

Daun dan buahnya banyak dimanfaatkan sebagi campuran masakan dan sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Biji dari buah Asem disebut klungsu, dan oleh sebagian masyarakat diyakini dapat digunakan untuk menolak gangguan mahluk halus, misalnya saja dengan meletakkan biji asam (klungsu) sebanyak 3 - 9 butir didalam lampu mobil atau motor konon dapat menghindarkan kecelakaan lalu lintas yang di akibatkan oleh perbuatan mahluk halus.


Bagian hitam dari teras kayu Asem / kayu Asam yang dinamakan Galih Asem dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk sarana keselamatan, menangkal gangguan mahluk halus, anti tenung, guna-guna, santet dan serangan ilmu hitam lainnya.

Galih Asem juga memiliki tuah atau khasiat untuk melumpuhkan kekuatan / kesaktian lawan, karena jika Galih Asem dipukulkan pada seseorang yang memiliki ilmu kesaktian aliran hitam maka kekuatannya akan sirna seketika itu juga.

Selain digunakan sebagai jimat, Galih Asem juga sering digunakan sebagai warangka Keris, karena selain memiliki motif poleng (belang) yang indah, warangka yang terbuat dari Galih Asem juga dipercaya dapat meningkatkan energi dari Keris pusaka yang menempatinya.

Tapi perlu diketahui, hanya Keris-Keris yang memiliki energi dingin saja yang cocok menggunakan warangka dari kayu Galih Asem. Karena jika yang diberi warangka kayu Galih Asem adalah Keris-Keris yang memiliki aura panas maka energinaya akan menjadi semakin keras / brangasan.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat Galih Asem asli:

1. Untuk kewibawaan dan kharisma.

Orang yang memiliki Galih Asem akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma di mata orang lain sehingga akan dihormati dan disegani oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan.

2. Untuk keteguhan hati

Daya magis Galih Asem dapat mempengaruhi pemiliknya menjadi pribadi yang kuat, berani, tegas dan memiliki pendirian yang teguh.

3. Untuk sarana keselamatan dan tolak bala

Galih Asem yang asli memiliki khasiat ampuh untuk menangkal marabahaya, terutama yang sifatnya ghaib seperti gangguan mahluk halus dan serangan ilmu hitam.

4. Untuk melumpuhkan / melunturkan kesaktian lawan

Galih Asem yang asli terutama Galih Asem ngurak dapat digunakan untuk melumpuhkan atau melunturkan ilmu kesaktian lawan.

Cara menggunakannya cukup dengan disentuhkan atau dipukulkan ke tubuh lawan, maka seketika itu juga ilmu kesaktian atau kekebalan yang dimilikinya akan luntur.

5. Dapat meningkatkan kekuatan dari ilmu kesaktian yang telah dikuasai

Energi alami yang ada pada Galih Asem dapat meningkatkan kekuatan dari ilmu kesaktian yang dimiliki oleh pemilinya.

6. Dapat digunakan sebagai media asma' / jimat

Galih Asem asli memiliki tekstur dan serat yang unik seperti halnya kayu bertuah jenis lainnya sehingga akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Kayu ini dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan sangat baik sehingga banyak digunakan sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu karena bisa di asma' atau di isi kekuatan ghaib.

7. Dapat menyerap energi negatif

Selain digunakan sebagai jimat, Galih Asem juga sering digunakan sebagai alat pijat karena dipercaya dapat menyerap dan menetralisir energi negatif yang ada didalam tubuh.

Baca juga: Ciri dan khasiat kayu Stigi asli

Galih Asem banyak dibuat menjadi tongkat, tasbih, gelang, kalung, mata cincin serta warangka dan gagang Keris karena dipercaya memiliki energi alami yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Galih Asem yang memiliki energi supranatural paling kuat berasal dari pohon Asem tua yang telah berumur ratusan tahun dan biasanya sebagian kayunya terlihat sudah kropos tetapi pohonnya masih tetap hidup, atau dari pohon Asem yang mati ngurak.

Pada pohon Asem tersebut biasanya terdapat kayu yang sudah berwarna hitam legam dengan tekstur yang sangat keras yang disebut Galih Asem. Bagian inilah yang memiliki energi supranatural paling kuat.

Selain sangat keras dan mengkilap, warna hitam Galih Asem yang asli juga tembus sampai ke dalam. Selain itu, Galih Asem asli akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air seperti halnya kayu Kokka, kayu Stigi, kayu Dewandaru dan galih Kelor.

Ciri-ciri inilah yang membedakan Galih Asem asli dengan Galih Asem palsu sebab dipasaran banyak sekali beredar Galih Asem palsu, baik dalam bentuk tasbih, gelang, kalung, mata cincin atau benda-benda lainnya.

Galih Asem yang asli semakin lama dipakai warnanya akan semakin hitam dan mengkilap, apalagi jika dijadikan tasbih dan sering digunakan untuk wirid.

Khasiat tasbih Galih Asem juga akan semakin ampuh jika sering digunakan untuk wirid karena Galih Sem yang asli mampu menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan sangat baik.

Jadi jika berniat membeli Galih Asem sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli, karena Galih Asem palsu tidak memiliki khasiat atau manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris.

Galih Asem termasuk salah satu jenis kayu bertuah yang istimewa dan memiliki banyak khasiat, sehingga banyak orang yang ingin memilikinya untuk dijadikan jimat atau pegangan.

Karena peminatnya cukup banyak dan termasuk barang langka sehingga kemudian banyak yang memalsukannya untuk mendapatkan keuntungan karena harganya termasuk cukup mahal.

Untuk mengetahui ciri-ciri Galih Asem asli dan Galih Asem palsu sebetulnya cukup mudah karena perbedaannya cukup mencolok.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Galih Asem asli dan Galih Asem palsu:

1. Galih Asem asli sangat keras dan berwarna hitam mengkilap, baik pada permukaannya maupun bagian dalamnya. Sedangkan Galih Asem palsu warna hitamnya tidak mengkilap dan pada bagian dalamnya tidak berwarna hitam karena warna hitamnya merupakan hasil pewarnaan sehingga tidak tembus sampai kedalam.

2. Galih Asem yang asli lebih berbobot dibanding kayu jenis lainnya dengan ukuran yang sama, dan jika dimasukkan kedalam air akan langsung tenggelam seperti logam. Sedangkan Galih Asem palsu terasa ringan dan jika dimasukkan ke dalam air akan mengambang.
gambar tasbih galih asem gundul asli
Ilustrasi
3. Galim Asem asli warnanya tidak akan luntur, tapi justru akan semakin pekat dan mengkilap terutama jika dijadikan tasbeh dan sering digunakan untuk wirid. Sedangkan Galih Asem palsu jika sering dipegang maka lama-kelamaan warnanya akan semakin pudar / luntur.

Itulah beberapa ciri-ciri yang cukup akurat untuk membedakan antara Galih Asem asli dan Galih Asem palsu. Jadi jika berniat membeli atau memahari Galih Asem, baik dalam bentuk tasbih, gelang, kalung, cincin, tongkat atau yang lainnya sebaiknya teliti dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli.

Galih Asem palsu tidak memiliki khasiat apapun karena tidak memiliki energi alami dan tidak dapat menyerap atau menyimpan energi supranatural. Bahkan bisa membahayakan kesehatan karena biasanya warna hitamnya menggunakan pewarna kimia.

Galih Asem yang asli sudah memiliki energi alami yang cukup kuat sehingga meskipun tidak di asma sudah memiliki khasiat supranatural. Tapi biasanya sebelum digunakan sebagai jimat, Galih Asem perlu dirituali atau di asma' terlebih dulu untuk mengaktifkan dan menyelaraskan energi ghaibnya dengan pemiliknya.

Galih Asem paling bagus jika dijadikan tasbih karena jika sering digunakan untuk wirid maka energinya akan menjadi semakin kuat dan khasiatnya juga semakin ampuh meskipun tidak di asma atau dirituali oleh praktisi supranatural.

Untuk menjaga energi ghaibnya agar tetap aktif, Galih Asem juga perlu dirawat dengan minyak khusus perawatan pusaka pada hari-hari tertentu atau pada hari kelahiran (weton) pemiliknya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan Galih Asem asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Kegunaan Galih Asem Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: